Pemain Sea Games 2017 belum ditentukan

PBSI tetap membidik medali untuk tim bulu tangkis Indonesia di perhelatan SEA Games 2017. Namun, sejauh ini mereka belum menentukan komposisi pemain yang akan diturunkan di pesta olahraga se-Asia Tenggara itu.

PBSI tetap optimistis dengan prospek para pemain muda meski SEA Games 2017 bukan menjadi prioritas utama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Saat ini mereka tinggal menggodok para atlet utama dan pratama yang kemungkinan diturunkan.

“SEA Games akan menjadi salah satu prioritas kami. Kejuaraan multi-cabang olahraga itu akan menjadi ajang pembuktian bagi pemain-pemain pelapis, bukan pemain utama kami,” kata Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto kepada awak media belum lama ini.

PBSI sendiri telah mendaftarkan alet masuk Satlak Prima untuk persiapan menuju SEA Games 2017. Antara lain, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Ihsan Maulana Mustofa, di ektor tunggal putra, lalu di tunggal putri ada Fitriani, Hanna Ramadhani, Dinar Dyah Ayustine, dan Gregoria Mariska Tunjung.

Dari sektor ganda putra ada Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwandi, sedangkan di ganda putri ada Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri dan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi. Untuk ganda campuran ada Tontowi Ahmad/Gloria Emanuelle Widjaja dan Ronald Alexander/Melati Daeva Oktaviani.

Namun menurut Budiharto, hingga kini belum menentukan komposisi atlet. “Itu akan menjadi keputusan bidang pembinaan dan prestasi. Apakah akan menurunkan pelatnas utama dikombinasi dengan pelatnas pratama atau semua pemain dari pelatnas pratama,” kata Budiharto.

SEA Games 2017 akan bertepatan dengan penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 di Glasgow, Skotlandia, pada Agustus mendatang. “Kejuaraan Dunia akan tetap menjadi prioritas utama. Kami bersyukur pemerintah telah selektif untuk menentukan target sehingga SEA Games menjadi sasaran antara saja,” urai Budiharto.

Pelatih kepala ganda putra pelatnas PBSI, Herry Iman Pierngadi berharap yang mengikuti SEA Games 2017 adalah atlet-atlet muda seperti Fajar Alfian. Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto diproyeksikan bisa ikut tampil di SEA Games 2017.

“Meskipun bukan sepenuhnya atlet-atlet pelatnas pratama, kami berharap setidaknya atlet-atlet muda dalam pelatnas utama yang turun. Kami ingin mendorong atlet-atlet muda dalam SEA Games,” kata Herry.

Herry mengaku siap untuk mengajukan sejumlah nama pemain-pemain muda sektor ganda putra menuju SEA Games. Sedangkan pemain senior pada pelatnas utama akan fokus menghadapi Kejuaraan Dunia 2017.

Sementara Kabidbimpres Susy Susanti menargetkan setidaknya bisa meraih setidaknya tiga medali emas di SEA Games 2017 mendatang.”Selain beregu putra, sektor lain yang bisa diandalkan raih medali pastinya ganda putra, tunggal putra, dan ganda campuran. tiga medali-lah ya yang kami targetkan dan dari Satlak juga seperti itu kan ya,” ujar Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PBSI Susy Susanti.

 

sumber: jawa pos

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *