Korea Selatan Juara Piala Sudirman 2017

Korea Selatan (Korsel) kembali mencatatkan sejarah di ajang Sudirman Cup. Setelah terakhir tim bulutangkis negeri ginseng ini mampu membawa pulang Piala Sudirman pada tahun 2003 silam, sore tadi, Minggu (28/5/2017) Korsel akhirnya berhasil merebut kembali sang Piala dari genggaman Tiongkok yang sejak 2005 hingga 2015 silam mampu mempertahankan gelar Sudirman Cup.

Di Carrara Indoor Stadium, tim Korsel yang sama sekali tak menyandang unggulan justru sanggup menumbangkan tim yang bertabur bintang. Tiongkok bahkan membawa pemain-pemain senior seperti Lin Dan, Fu Haifeng dan Zhang Nan. Tetapi, dengan pemain mudanya, mereka justru bisa menciptakan kejutan untuk menang dengan skor dramatis 3-2.

Kami memang mempersiapkan ganda campuran kami, tetapi penampilan mereka di perempat final dan semifinal tidak begitu menyenangkan. Tetapi mereka sudah melupakan hal ini dan mereka bisa fokus di setiap poin untuk bisa kemudian memenangkan pertandingan tadi,” ujar pelatih kepala Korea, Kang Kyung Jin.

Saya memang kecewa dengan penampilan saya di perempat final dan semifinal dan ini membuat kami sempat kehilangan kepercayaan diri kami. Tetapi pelatih dan rekan-rekan terus memberikan semangat bahwa saya bisa mengalahkan mereka dan membuat kami bisa berpikir positif, mereka terus ada untuk mendukung kami,” ujar Chae Yoo Jung, sang penentu kemenangan bersama Choi Solgyu.

Laga Korea melawan Tiongkok harus dituntaskan hingga partai kelima. Tiongkok berhasil meraih poin dari dua peraih medali emas Olimpiade 2016, Zhang Nan/Fu Haifeng serta Chen Long. Tetapi Choi/Chae bisa mencuri kemenangan.

Kemenangan kami ini seperti keajaiban, bagaimana kami datang dengan ganda putra tanpa ranking dunia, bahkan kami mendapat pertanyaan bagaimana kami datang ke Piala Sudirman dengan pemain-pemain ini, tetapi mereka justru tampil baik di sepanjang turnamen ini. Kami hanya mencoba untuk terus menyemangati tim, dan membakar semangat mereka. Saya sendiri memposisikan diri untuk bisa seperti teman, pelatih, orang tua dan keluarga bagi semua pemain,” tambah Kang.

Hasil kami di Olimpiade tahun lalu memang tidak begitu baik, kami hanya berhasil meraih perunggu, dan kami datang ke sini tanpa menduga bisa menjadi juara. Dan kemenangan hari ini saya rasa akan menjadi sebuah hal positif bagi perkembangan bulutangkis di negara kami kedepannya,” pungkas Kang.

Hasil Pertandingan Korea vs Tiongkok

  • Choi Solgyu/Seo Seung Jae vs Fu Haifeng/Zhang Nan 14-21, 15-21
  • Sung Ji Hyun vs He Bingjiao 21-12, 21-16
  • Jeon Hyeok Jin vs Chen Long 10-21, 10-21
  • Chang Ye Na/Lee So Hee 21-19, 21-13
  • Choi Solgyu/Chae Yoo Jung vs Lu Kai/Huang Yaqiong 21-17, 21-13

 

 

sumber; djarumbadminton

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.